Rabu, 22 Agustus 2012

Merdeka!!

 Siapa yang tidak kenal Houdini,seorang pesulap dari amerika yg terkenal dalam keahlian membuka pintu terkunci. Kehebatannya ketika dia mampu membuka pintu penjara yg terkenal di amerika,AL Catraz dalam hitungan menit.

Pemerintah inggris berencana membangun sebuah penjara yg lebih canggih dari penjara Al Catraz. Penjara ini dilengkapi dengan pengawasan sistem satelit. Setelah selesai dibangun, Perdana mentri inggris meminta  supaya dicoba oleh Houdini dulu sebelum diresmikan. Jika houdini masih mampu membuka pintu penjara, maka sesungguhnya penjara yg dibangun itu sama saja dengan penjara Al Catraz. Houdini pun diterbangkan dari amerika dengan bayaran yg sangat mahal.

Sesampainya di inggris yg bersangkutan dimasukkan ke dalam ruangan penjara tertutup dan diminta untuk membuka pintu penjara itu sambil disaksikan oleh pejabat tinggi dan para wartawan. Bagi Houdini, ini merupakan pekerjaan yg mudah. Namun 10 menit belum ada tanda-tanda untuk terbuka. Sepuluh menit berlalu secara tidak sengaja lengan jasnya terangkat dan tampaklah keluar sebuah kawat sepanjang 10 cm dari balik jasnya  yang dikendalikan oleh sebuah motor kecil. Semua mata memandang dan mengatakan itu kunci keberhasilannya membuka semua pintu-pintu yg terkunci. 30 menit sudah berlalu, Namun pintu belum terbuka, Houdini makin malu dan merasa reputasinya akan hancur di inggris. Pada menit yg ke-60 Houdini mulai putus asa, Sementara ribuan mata memandang melalui siaran langsung di televisi. Houdini pun menyerah dengan perasaan malu. Dia pun lalu menjatuhkan diri ke arah pintu yang tertutup tersebut. Luar biasa! Pintu itu terbuka! rupanya pintu penjara tersebut tidak terkunci,
Justru pikiranyalah yang terkunci.

sdh lama indonesia merdeka, namun banyak rakyat indonesia hingga kini hidup dalam penjajahan atas dirinya sendiri. Penjajahan yg membuat orang sulit merasakan merdeka adalah keterkungkungan pola pikir yg selalu melihat dari satu sisi saja.
Merdeka!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar